Lampiran Outline Wawancara
Yang diinterview : Pegawai plakat “Trophy
Kertajaya”
|
Yang melakukan interview :
Chrisna, Arinal, Juddin, Anisa
|
Lokasi dan Tanggal interview : Gubeng Kertajaya VII G no 36 pada 4
September 2018
|
Waktu interview : mulai : 9.00 selesai
: 10.07
|
Tujuan interview : untuk mengetahui
secara umum gambaran dari usaha “Trophy Kertajaya”
|
Agenda : waktu
yang dibutuhkan :
Perkenalan
1 menit
Pembukaan awal 1 menit
Pertanyaan pertama
10
menit
Pertanyaan kedua 10
menit
Pertanyaan ketiga 15
menit
Pertanyaan keempat
5
menit
Pertanyaan kelima
5
menit
Pertanyaan keenam 5
menit
Pertanyaan ketujuh 5
menit
Kesimpulan dan penutupan
10 menit
|
Observasi umum :
Usaha “Trophy Kertajaya”
melayani pembuatan plakat, piala, medali dll. Proses pembuatannya sekitar 2-5
hari. Bahan pembuatan seperti marmer, kayu, plastik, dan acrylic. Transaksi
dapat dilakukan melaui datang langsung ke toko, chat pribadi (kontak tertera
di Instagram), Tokopedia, dan Shopee.
|
Masalah yang belum terpecahkan : Belum adanya Sistem yang
Terkomputerisasi
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Proses apa saja yang terdapat pada usaha “Trophy Kertajaya” dan mana
yang masih manual?
|
Ada proses pemasokan bahan baku seperti marmer, plastik, acrylic, dan
kayu. Lalu ada proses pemesanan seperti plakat, piala, medali dan lain-lain.
Dan ada pengiriman barang ke pembeli. Untuk pemesanan melalui datang langsung
ke toko dan chat pribadi masih menggunakan nota. Sedangkan, jika pemesanan
melalui marketplace, menggunakan transfer.
|
Apakah di dalam proses tersebut ada kendala atau permasalahan yang
dihadapi?
|
Untuk kendala mungkin seperti terjadi kesalahan dalam perhitungan
pembayaran, mencatat bahan baku yang masuk, lamanya melakukan rekap data
transaksi, salah tulis, dan pengemasan barang pesanan yang dikirim ke luar
kota.
|
Bagaimana alur proses bisnisnya?
|
Untuk penjualan barang sama seperti biasa, pembeli memesan barang
yang diinginkan. Untuk proses pembuatan pesanan sekitar 2-5 hari, jika
pesanan sudah jadi:
*pemesanan manual
Maka kami menghubungi pembeli untuk mengambil pesanan (dalam kota).
Jika pembeli berada di luar kota, maka kami mengemas barang pesanan dan
dikirim melelui kurir (luar kota).
*pemesanan marketplace:
Jika barang sudah jadi, kami langsung mengirimkan pesanan melalui
kurir, dan mengirimkan resi kepada pemesan.
|
Siapa saja pihak yang terlibat dalam proses tersebut?
|
Pegawai dan marketplace
|
Jam operasional toko?
|
Toko buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 21.00, setiap hari.
|
Bagaimana sistem penyimpanan data untuk pengadaan barang?
|
Kami memesan bahan baku kepada produsen, lalu ketika bahan baku
datang ke toko, akan dicatat di dalam logbook pembukuan.
|
Bagaimana jika ada pembeli yang memesan barang, namun terjadi
kesalahan teknis sehingga lupa siapa pemesannya dan barang apa yang dipesan?
|
Seiring berjalannya waktu, kami akan mencoba untuk memperbaiki
pelayanan kami. Terlebih lagi jika dapat membuat sistem yang baik.
|
0 komentar:
Posting Komentar